Anak adalah Aset Unggulan

Model komunikasi yang ramah bagi anak, memungkinkan terjadinya lompatan kecerdasan dan kepercayaan diri bagi seorang anak dalam berinteraksi dengan orang-orang di sekitarnya, selain aspek komunikasi, sebagai orang tua siapapun diantara kita perlu mempertimbangkan perkembangan pola pikir yang terarah pada kebenaran, kebersihan dan keselamatan dalam beragam aktivitas anak maupun perkembangan pola ucapan yang beradab, perilaku dan gestur tubuh yang ceria lagi sopan, bahkan pada aspek keagamaan yang berkaitan dengan pengenalan pada kalimat thaiyyibah, praktik peribadatan hingga penanaman kedalaman iman agar berkembang menjadi anak yang shalih atau shalihah.

Pada ajaran Islam, bagi anak shalih sejak dini telah dianjurkan agar diberikan bimbingan untuk melaksanakan shalat sebagaimana disebutkan:

مُرُوْا أوْلَادَكُمْ بِالصَّلاَةِ وَهُمْ أبْنَاءُ سَبْعِ سِنِيْنَ وَأضْرِبُوْهُمْ عَلَيْهَا وَهُمْ أبْنَاءُ عَشْرٍ وَفَرِّقُوْا بَيْنَهُمْ فِي الْمَضَاجِعِ. رواه الحاكم

Artinya: “Suruhlah anak-anak panjenengan untuk mengerjakan shalat jika mereka telah berusia tujuh tahun, dan jika mereka telah genap sepuluh tahun lalu tidak melaksanakan shalat, maka pukullah mereka (tanpa menciderai dan mendoakannya agar beroleh hidayah dari Allah swt), kemudian pisahkanlah tempat tidur diantara mereka.” (HR. Al-Hakim)

Beberapa rangkaian dalam upaya menanam kebaikan berupa iman dan takwa serta amal shalih hingga mencabut keburukan berupa kemaksiatan dan ucapan yang tidak benar, orang-orang beriman diberikan janji yang istimewa, yakni: “Orang-orang yang beriman dan yang anak cucu mereka mengikuti mereka dalam keimanan, Kami pertemukan mereka dengan anak cucu mereka (di surga), dan Kami tidak mengurangi sedikitpun dari pahala amal mereka, tiap-tiap manusia terikat dengan apa yang dikerjakannya”. (QS. Ath-Thur: 21).

Semoga dengan ibrah tersebut kita semakin membijak dalam memberikan pendampingan dan pendidikan bagi anak, sehingga pada perkembangannya mereka diberikan predikat anak-anak yang shalih atau shalihah oleh Allah swt, insyaa Allaah, Aamiin

والله أعلم بالصواب

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *